Selasa, 26 Februari 2008

INGIN MEMBUKA TOKO

    10.23   No comments

Oleh: Ahmad Gozali

Dikutip dari Harian Republika, Mei 2007

Assalamualaikum wr wb

Saya ibu rumah tangga yang ingin punya usaha untuk menambah kegiatan dan penghasilan tentunya. Saya berniat untuk membuka toko. Tadinya sih untuk gampangnya saya dan suami ingin mengambil franchise saja, tapi setelah dihitung-hitung terlalu berat karena paling tidak kita harus punya modal dua kali lipat dari yang disyaratkan. Saya inginnya membuka toko kosmetik dan perawatan tubuh. Berhubung saya masih awam sekali masalah ini, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:

* Kira-kira, apa saja yang harus saya persiapkan?
* Izin apa saja yang harus saya urus?
* Apa bedanya membuka toko di mal dengan di ruko?
* Bagaimana dengan pegawai, masalah penggajian dan shift mereka?
* Di mana saya bisa mendapatkan distributor/supplier barang-barang yang saya butuhkan?

Mohon bantuan dan penjelasannya. Terima kasih banyak sebelumnya.

Wati, Yogyakarta


Jawaban:

Waalaikumssalam wr wb

Bu Wati,
Membuka usaha dengan sistem franchise dan membangun sendiri memang ada bedanya. Sistem franchise biasanya memang modalnya berlipat dibandingkan usaha biasa. Namun, keunggulannya juga cukup banyak antara lain sudah mempunyai sistem yang teruji dan tingkat kegagalannya kecil. Di samping itu juga akan di-support oleh franchisor dalam hal pemasaran dan bantuan konsultasi.

Tetapi bila modal terbatas, tidak ada salahnya membangun usaha dengan brand/merek sendiri. Cara ini membutuhkan perjuangan lebih banyak dibandingkan sistem franchise. Tetapi bila suatu saat bisa berhasil maka akan menciptakan kepuasan tersendiri bagi Anda. Bahkan tantangan ke depan, usaha Anda ini bisa di-franchise-kan setelah memiliki sistem yang kuat dan terbukti berhasil.

Untuk membuka toko kosmetik dan perawatan tubuh ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan:

1. Lokasi usaha yang strategis
Usahakan mendapat tempat yang ramai dan transportasinya mudah dijangkau. Bedanya membuka usaha di mal dan ruko, tentunya kalau mal lebih ramai dan lebih banyak didatangi pengunjung tetapi sewanya lebih mahal dari ruko. Biaya sewa ruko biasanya memang lebih murah tetapi Anda harus menerapkan promosi yang lebih kuat untuk menarik pengunjung.

2. Perizinan
Tidak diperlukan izin khusus untuk usaha toko kosmetik, hanya izin usaha saja seperti toko yang lainnya. Bila Anda sudah memiliki modal yang cukup, tidak ada salahnya langsung mengurus perizinan usaha sekaligus badan hukum ke notaris. Tetapi bila belum memungkinkan, jalankan dulu usaha Anda. Bila sudah berkembang baru mengurus perizinan sambil berjalan.

3. Modal
Modal yang perlu disiapkan meliputi modal investasi awal seperti biaya sewa tempat, inventaris peralatan toko seperti etalase, kursi, meja, komputer, dan lain-lain. Berikutnya adalah modal kerja untuk pembelian bahan baku toko Anda seperti peralatan kosmetik dan perawatan tubuh yang diperlukan. Komponen berikutnya adalah modal operasional untuk menggaji pegawai, biaya listrik, kas kecil, dan lain-lain. Untuk modal kerja dan modal operasional sebaiknya disiapkan minimal tiga bulan karena di awal usaha biasanya belum memberikan keuntungan.

4. Karyawan
Karyawan toko umumnya menggunakan sistem gaji karena mungkin tidak diperlukan keahlian khusus untuk bekerja di toko Anda. Pelatihan yang diberikan mungkin seputar pengenalan produk yang dijual beserta fungsinya serta bagaimana melayani pelanggan yang datang. Untuk gaji, minimal sesuai dengan Upah Minimum Propinsi, tetapi seiring dengan membesarnya omzet Anda, tidak ada salahnya nanti memberikan tambahan bonus terutama apabila bisa mencapai target penjualan yang Anda tetapkan.

Bila usaha Anda sampai malam hari, bisa diterapkan sistem shift/gantian jaga. Tetapi tawarkan dulu pada penjaga toko Anda bahwa kemungkinan bisa dilakukan sistem lembur. Jadi, tidak menggunakan sistem shift karena menerapkan tambahan jam kerja bagi pegawai toko Anda dengan kompensasi tambahan.

5. Untuk mendapatkan distributor/supplier barang yang Anda butuhkan, saya rasa sekarang banyak sekali yang menawarkan. Cara paling mudah tentunya adalah dengan berkonsultasi kepada pengusaha yang sudah menjalankan usaha ini. Atau cobalah Anda cari di majalah bisnis, atau beberapa situs bisnis di internet, atau mesin pencari di internet.

Demikian, semoga bisa membantu Anda. Jangan segan untuk menghubungi kami kembali bila masih ada permasalahan yang dijumpai.

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan


kembali

Peta Situs | Berita Terbaru | Surat | Hubungi Kami
Undang Kami | Kamus Keuangan | Referensi


© 2000 Safir Senduk & Rekan
loading...

newsonline

newsonline

Author Description here.. adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Tidak ada komentar:
Write komentar

TOBAPOS

Recent Posts

Berita DEKHO

© 2014 Ayo Buka Toko. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.