Jumat, 26 Februari 2010

Buka Usaha Kios Kopi dan Teh, Didanai Rp 4 Juta

    10.27   No comments

Kabar gembira bagi masyarakat kecil di Jatim. Pasalnya, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII membuka peluang bagi pengangguran dan pemilik warung kopi untuk mengelola kios kopi dan teh seduh melalui dana hibah dan pinjaman lunak.

Kepala Bagian Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PTPN XII, Soepeno Aji mengatakan, selama ini produk hilir dari PTPN XII telah dikenal dan masuk ke sektor ritel.

Melihat potensi produk yang besar, pihaknya berniat memberdayakan masyarakat kecil dan mengajak mereka sebagai mitra binaan.

“Kami tentu akan menyeleksi peminat dan memberi pelatihan menyeduh kopi dan teh serta standardisasi layanan. Jadi, pemilik sekaligus pengelola bukan menyuruh orang lain,” kata Soepeno, di sela Penyerahan Pinjaman Modal Usaha & Hibah di kantor PTPN XII, Senin (22/2).

Dalam program ini, pihaknya memberikan dana total senilai Rp 4 juta kepada masing-masing mitra. Dari dana itu, Rp 3 juta diwujudkan dalam bentuk bantuan hibah berupa kios/rombong dan peralatan, sedang Rp 1 juta kredit lunak dengan bunga 6 persen per tahun dengan jangka waktu pembayaran 2 tahun.

Untuk tahap awal, lanjut Soepeno, pihaknya telah mengangkat 10 mitra binaan yang siap membuka kios di Surabaya, Gresik. Lamongan dan Sidoarjo. Mereka sebelumnya pemilik warung kopi, ada juga yang pemula.

“Dalam tiga bulan ke depan akan dievaluasi dan tak menutup kemungkinan besaran bantuan kita akan bertambah, demikian juga jumlah mitra binaan baru,” ujar Soepeno.

Direktur SDM dan Umum PTPN XII, Soewarno mengakui, dana yang dikucurkan untuk ‘Program Market Akses Lokal’ merupakan PKBL yang diambilkan 4 persen laba perusahaan pada 2009.

Soewarno menargetkan sebanyak-banyaknya mitra binaan pengelola kios kopi dalam tahun ini, sehingga bisa tersebar di seluruh Jatim.

“Tahun lalu dana PKBL kita mencapai Rp 5 miliar, di mana untuk program kemitraan saja sekitar Rp 3,7 miliar,” jelasnya.

Sebelumnya, mitra binaan PTPN XII lebih banyak dialokasikan untuk bantuan petani ternak sapi kereman. Tahun ini, selain pengelola kios kopi, pihaknya berencana mengangkat mitra UKM produk limbah yang tinggal di sekitar kebun PTPN XII.

Arys Buntara, Ketua The Business Watch Indonesia mengaku, bahan baku kopi dan teh di dalam negeri cukup besar.

“Program ini adalah upaya untuk memberdayakan pasar dan hasil alam itu,” ujar Arys.
loading...

newsonline

newsonline

Author Description here.. adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

Tidak ada komentar:
Write komentar

Ekonomi Kecil

TOBAPOS

Labels

Recent Posts

Berita DEKHO

© 2014 Ayo Buka Toko. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.